Langgar Bubrah Demangan Kudus

Langgar Bubrah Demangan Kudus



Kudus-Langgar Bubrah berlokasi di desa  sebelah Selatan Masjid Menara Kudus , tepatnya di Desa Demangan, Kecamatan Kota ,Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Pada tahun 1991 Langgar Bubrah diresmikan menjadi Benda Cagar Budaya yang dilindungi oleh pemerintah. 

Langgar Bubrah dibangun pada tahun 9932 Hijryyah atau pada Abad ke XV Masehi. Langgar 
Bubrah sudah ada sebelum Menara Kudus dibangun. Di bangun oleh Pangeran Pontjowati seorang santri Sunan Kudus . Pangeran Pontjowati membangun Langar dalam kurun waktu semalam. Pangeran Pontjowati tidak sendiri dalam membangun Langgar , atas izin dan kehendak Allah Pangeran Pontjowati dibantu dengan makhluk Allah yang lain .

Dalam pembangunan Langgar Pangeran Pontjowati bermaksud membangunya dalam kurun waktu semalam . Karena dalam pembangunanya diketahui oleh manusia maka hanya sebagian Langgar saja yang dibangun. Maka dari kisah itulah masyarakat menyebutnya Langgar Bubrah.


Sebelum dibangun menjadi Langgar Bubrah, di tempat ini terdapat semacam candi kecil, Lingga-Yoni, batu lumpang untuk sesaji binatang, tempat berbentuk persegi empat untuk sesaji buah-buahan, dan batu panjang motif Dewa Syiwa memegang Trisula. Hal ini membuktikan bahwa tempat ini dulunya merupakan tempat pemujaan umat Hindu-Budha.
Share on Google Plus

About arka farma

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com